FANDOM

Apa itu Pentaho ?

Pentaho adalah kumpulan aplikasi Business Intelligence yang bersifat free open source software (FOSS) dan berjalan di atas platform Java. Aplikasi-aplikasi Pentaho dikembangkan oleh Pentaho corp yang berpusat di Orlanda, Amerika Serikat.

Selain sifatnya gratis dan adopsi yang semakin hari semakin luas, dukungan Pentaho bisa didapatkan dari Pentaho corp dan / atau partnernya di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Selain gratis dalam bentuk community edition, lisensi Pentaho juga dapat dibeli dalam bentuk Service Level Agreement (SLA) dan dipaketkan dalam versi Enterprise Edition yang sifatnya annual subscription atau perlu kontrak tahunan.

Apa saja kumpulan aplikasi Pentaho ?

Pentaho sebenarnya merupakan kumpulan aplikasi yang terdiri sebagai berikut :

Pentaho-report-designer-3-6

Pentaho Report Designer 3.6

  • Pentaho Reporting
    • Ad Hoc Report Designer Pentaho.
    • Engine reporting yang bisa di-embed di aplikasi Java.
    • Multi Platform.
    • Dapat mengambil source dari berbagai relational engine. Lihat link berikut untuk database relasional yang didukung oleh Pentaho Reporting.
    • Dapat mengambil source OLAP yang didukung driver OLAP4J seperti Mondrian, SQL Server Analysis Service, PALO Molap, SAP BW, dan lainnya.
    • Memiliki kemampuan mengambil source Pentaho Data Integration step. Ini menjadikan source yang dapat diambil hampir menjadi tidak terbatas.
    • Dilengkapi designer yang intuitif dan koleksi chart yang lengkap untuk keperluan analisa.
    • Format PDF, Excel, HTML dan CSV dapat dihasilkan dengan mudah melalui antar muka web (web based interface).

Jpivot

Pentaho Analysis - JPivot

  • Pentaho Analysis / Mondrian OLAP Server
    • OLAP server open source terpopuler dan digunakan di berbagai produk BI open source (Pentaho dan Jasper).
    • Multi Platform.
    • Mondrian merupakan tipe ROLAP (Relational OLAP) dimana semua perintah data query diterjemahkan via SQL dan ditujukan kepada datamart.
    • Mendukung datamart dengan rancangan multi dimensional Star Schema maupun Snowflake Schema.
    • Mendukung query MDX (Multidimensional Expression) sebagai standar industri.
    • Didukung oleh beberapa aplikasi interface baik web based maupun desktop seperti JPivot, Pentaho Reporting, Pentaho Analysis Tools, dan Pentaho Analyzer.
    • Semua interface di atas memiliki kemampuan drill down / roll up serta drill through untuk melihat detil penyusun sel-sel nilai analisis.

PHI-Integration

PHI-Integration saat ini adalah rekan Pentaho sebagai system integrator sekaligus sebagai reseller untuk lisensi Pentaho di Indonesia sejak tahun 2006.

Open Source

Semua aplikasi Pentaho di atas bersifat open source dalam arti Anda dapat mengunduh source dan mengubahnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Semuanya dibangun di atas Java.

Berikut adalah lokasi-lokasi SVN dari proyek Pentaho :

Untuk daftar yang lebih lengkap dapat dilihat di http://community.pentaho.com/getthecode.

Pentaho User Group - Indonesia

Pentaho user group indonesia

Untuk Anda yang ingin ikut berdiskusi mengenai Pentaho, dapat mengunjungi Pentaho User Group - Indonesia yang disetup oleh PHI-Integration di http://groups.google.com/group/pentaho-id.

Sumber Artikel : http://pentaho.phi-integration.com/apa-itu-pentaho

Situs Terkait

PHI-Integration
PHI Pentaho Wiki
PHI Business Intelligence Blog

SampleData.org
Sample Data Project